Jumat, 03 Desember 2010

Selamat Datang Di Wisata Surowiti


Petilasan Sunan Kalijaga Goa Langseh Surowiti
Petilasan Sunan Kalijogo, Komplek Petilasan Sunan kalijogo terdapat di Desa Surowiti Kecamatan Panceng 35 Km jalur pantura masuk ke Selatan sekitar 4 Km.
Tranportasi dengan kendaraan roda empat sudah dapat mencapai sampai kaki komplek petilasan. Namun untuk kendaraan besar seperti bus masih belum bisa masuk ke area wisata karena jalan yang sempit.
Komplek Petilasan Sunan Kalijogo terdapat di Puncak bukit Surowiti, yang disekitarnya terdapat beberapa buah makam antara makam Empu Supo makam Raden Bagus Mataram, makam mbah Sloko, makam mbah Singo Wongso.
Daya tarik wisata yang ada di komplek petilasan kecuali tempat / petilasan sunan Kalijogo dan beberapa makam tua tersebut, adalah adanya sebuah goa langseh, yang merupakan tempat persembunyian Sunan kalijogo di masa muda yang masih bernama raden Lokojoyo atau yang dikenal sebagai Brandhal Lokojoyo.
Ditempat itulah Brandhal Lokojoyo digembleng dan dididik oleh Sunan Bonang sampai menjadi seorang penyiar agama Islam yang dikenal, dan sekaligus dinobatkan sebagai Sunan Kalijogo.
Pengunjung mayoritas dari daerah sekitar guna menghayati petilasan Sunan Kalijogo, sekaligus berziarah di makam yang ada di sekitar petilasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar